Membuat Antena Omni

Membuat Antena Omni

Antenna ini sebenernnya udah lumayan lama kami buat,.. dan sudah beberapa tutorial di tulis,. tapi karena blognya wafat dan masih ada beberapa rekan2 yang suka bertannya,.. jadi ada baiknya dimuat kembali  ,.. disini dokumentasinya, kalo antenna flat panel itu nyontek punya dlink yang antenna omni yang ini nyontek punya hyperlink,..

Nyok,.. kita mulai,…

Tahap 1, Persiapan peralatan

seperti biasa sebelum mulai kerja alat2nya siapin dulu,.. kalo nda disiapin bisa memperlambat pekerjaan nantinya,.. oke peralatan yang di perlukan neh kira2,..

  1. Paralon 1 1/4 inchi
  2. Dop Paralon 1 1/4
  3. Busa Kapiler AC
  4. Pipa capiler AC 0,6mm
  5. Coax Rg 6 U
  6. Plat Tembaga 0,5mm
  7. N conector Female
  8. Cutter, Pipe Cutter
  9. Timah dan Solder Besar
  10. Bor tangan
  11. Tang potong, Tang Cucut
  12. Gunting seng

Tahap 2, Membuat Elemen


Buatlah 24 buah elemen pipa capiler AC dengan menggunakan pipe cutter dengan ukuran 4,7cm, lalu kemudaian potong kabel Rg 6U dengan ukuran 6,7cm sebanyak 24 buah juga, kupas bagian luar kabel, dan lepaskan serabut ground-nya sehingga tinggal satu kabel dan busa pelindung kabel saja yang tersisa kemudian masukan satu persatu kedaam pipa capiler AC,.. nah sekarang kita sudah punya 24 buah elemen,.. susun kemudian solder,..

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, pertama pada saat memotong pipa capiler AC sebaiknya jangan terburu2,.. karena ujung capilernnya bisa mengecil jika anda memaksakannya, bentuknya jadi tidak presisi,.. kita membutuhkan bentuk lurus dan presisi,.. jadi motongnnya harus hati2 dan perlahan,.. kemudian hal yang kedua pada saat menyolder kita harus menggunakan solder yang sangat panas,.. karena jika terlalu lama dalam proses menyolder ini akan mengakibatkan busa didalam kabel RG6 U meleleh dan akan konsleting ,.. jangan lupa setelah semua pekerjaan diatas selesai,.. test dahulu menggunakan multy tester konslet atau tidak,…


Tahap 3, Membuat Bagian bawah

Untuk bagian bawah antena, potong plat tembaga dengan ukuran 8×4cm buat bulatan silinder dan kemudian solder sisinya hingga tertutup rapat, buatkan tutup melingkar bagian bawah kemudian bor untuk memasukan pipa capiler AC, potong pipa capiler sepanjang 7,8cm dan kabel Rg 6 U dengan ukuran 9,8cm seperti membuat elemen diatas,.. kemudian masukan kedalam plat tembaga yang berbentuk silinder tadi,.. untuk bagian bawah panjangannya 3,5cm kemudian solder dengan N Connector ,.. kemudian buatkan ground dari plat tembaga ke N connector dan solder,… nah selesai dech,…

About keytara79


Comments are disabled.

%d blogger menyukai ini: