Messi Dua Gol, Barca Nyaris ke Final

Kamis, 27 Januari 2011 | 05:46 WIB
AFP
Penyerang Barcelona, Lionel Messi, merayakan golnya ke gawang Almeria, pada leg pertama semifinal Copa del Rey, Rabu (26/1/2011).

BARCELONA, KOMPAS.com — Penyerang Lionel Messi mencetak dua gol dan satu assist yang ikut mengantarkan Barcelona menang 5-0 atas Almeria pada leg pertama semifinal Cope del Rey, di Camp Nou, Rabu (26/1/2011). Dengan marjin sebesar itu, Barcelona sangat berpeluang masuk final.

Messi mencatatkan namanya di daftar pencetak gol saat pertandingan menginjak menit kesembilan. Setelah menggocek bola, ia melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Bola tidak meluncur deras, tetapi gagal diantisipasi sempurna oleh Suarez Esteban.

Esteban kembali terlihat memungut bola dari gawangnya pada menit ke-11. Kali ini, ia memungut bola hasil umpan Xavi yang dieksekusi David Villa.

Almeria sempat mecoba bangkit setelah itu. Barcelona dengan tenang meredam gempuran lawan dan berhasil mencuri serangan balik yang berujung gol kedua Messi pada menit ke-16. Kali ini, Messi membobol gawang tim tamu dengan memanfaatkan umpan Andres Iniesta.

Berbeda dari sebelumnya, Almeria merespons gol kali ini dengan memperbaiki koordinasi pertahanan. Meski menjadi semakin kesulitan menyerang, mereka berhasil mematahkan serbuan lawan.

Barcelona tetap tenang memainkan umpan pendek dengan cepat. Almeria kalah dalam adu daya tahan fokus dan kembali kebobolan saat laga memasuki menit ke-31. Gol bermula dari tendangan bebas yang dieksekusi Xavi. Ia mengirim bola ke tengah kotak penalti yang disambut Pedro dengan tandukan akurat, yang gagal dihalau Esteban.

Barcelona mempertahankan intensitas serangannya sampai sekitar menit ke-50. Setelah itu, mereka bermain dengan tempo lebih lambat dan tampak tak sangat ngotot mengejar bola.

Di sisi lain, Almeria semakin ngotot mengejar dan merebut bola. Hasilnya, lepas dari menit ke-60, mereka mulai bisa menyelipkan sejumlah ancaman ke gawang Pinto.

Pada menit ke-65, misalnya, Goitom berhasil menembus kotak penalti Barcelona dan cuma perlu menaklukkan Pinto. Ia kemudian mencoba melambungkan bola ke gawang, yang sayangnya melebar ke sisi gawang.

Setelah itu, Barcelona mencoba menyegarkan barisan serang dan kreativitas permainan dengan memasukkan Ibrahim Affelay yang menggantikan David Villa pada menit ke-66.

Baru dua menit di lapangan, Affelay melepaskan sebuah umpan kepada Pedro, yang berujung eksekusi. Namun, bola tembakan Pedro terlalu lemah sehingga mudah diantisipasi Esteban.

Affelay kemudian semakin menonjol dalam mengawali serangan-serangan Barcelona. Pada menit ke-70 dan ke-72, misalnya, ia menyisir sektor sayap dan melepaskan umpan silang. Sayang, meski akurat, alur umpan terbaca lawan dan dipatahkan sebelum tiba di sasaran.

Kebuntuan akhirnya pecah ketika Seydou Keita berhasil menguasai umpan Messi dan membobol gawang Esteban pada menit ke-89.

Almeria tak bisa berbuat banyak menanggapi gol itu karena sekitar tiga detik setelah permainan dimulai kembali, wasit Mateu Lahoz meniup peluit tanda berakhirnya laga. (*)

Susunan pemain:
Barcelona:
Jose Manuel Pinto; Eric Abidal, Scherer Andrade Maxwell (Gabriel Milito 82), Gerard Pique, Adriano; Xavi (Seydou Keita  74), Andres Iniesta, Javier Mascherano; David Villa (Ibrahim Afellay  65), Lionel Messi, Pedro
Almeria: Suarez Esteban; Carlos Garcia Badias, Hernan Dario Pellerano, Machado Macedo Rocha Michel, Baltasar Rigo Cifre; Miguel Angel Corona (Kalu Uche  61), Modeste M’Bami, Albert Crusat, Fabian Vargas; Henok Goitom (Jose Ulloa 75), Pablo Piatti (José Ortiz  84)
Wasit: Mateu Lahoz

About keytara79


Comments are disabled.

%d blogger menyukai ini: